selamat Datang di Blog BERAU - THE TREASURE OF BORNEO

Selamat Datang.....selamat membaca...semoga berguna....dan tidak membuat uang enam ribu perak per jam di warnet hilang begitu saja....

Minggu, 02 Januari 2011

Bandara Kalimarau yang Sangat Memikat

Hal pertama yg saya lihat di Berau tentu saja bandara Kalimarau. Ini karena saya naik pesawat kesana, kalau saya naik kapal pastinya yg saya lihat pertama kali adalah pelabuhan. He..he.., guyon dikit. Bandara dengan landasan sepanjang 2250 meter ini terbilang sebagai bandara yg representatif di utara Kaltim, selain bandara Juwata Tarakan. Nah untuk urusan bandara, Berau jauh sekali di atas Samarinda.

Sampai sekarang saya masih sangat sedih campur kesal dengan Samarinda. Bagaimana sebuah ibukota provinsi Kaltim tak memiliki bandara yg layak. Sedih sekali karena sejak 2005 bandara Sungai Siring atau Bandara Samarinda Baru sebenarnya sudah mulai dibangun, namun hingga akhir 2010 nasibnya terkatung-katung, tidak jelas dan mangkrak. Berbeda dengan Berau yg membangun bandaranya dengan langkah pasti.

Kalimarau mungkin bisa dibilang bandara terbaik di utara Kaltim jika kelak terminal barunya nanti selesai. Bahkan terminal baru Kalimarau dilengkapi dengan garbarata atau belalai yg memudahkan kita masuk ke pesawat. Fasilitas ini pertama di Kaltim, mengalahkan Sepinggan sebagai main gate Kaltim. Bahkan terminal baru dengan desain modern minimalis ini jauh lebih mewah dibanding Sepinggan, bahkan jika dibandingkan dengan terminal B sepinggan sekalipun.

Terminal dengan model bangunan seperti penyu itu terlihat glassy, mirip bandara Hasanuddin di Makassar. Per Desember 2010 kemaren, bangunannya sudah memasuki tahap finishing. Bahkan garbarata sudah terletak untuk siap dipasang. Terminal baru ini hebatnya terdiri dari 2 lantai, dengan fasilitas eskalator serta 10 meja chek-in yang lengkap dengan layar LCD. Wuihh,...sangat modern. Salut buat pemkab Berau yg sudah membangun bandara sebagus ini. Saya sangat tidak sabar menantikan undangan peresmiannya nanti.

Bandara Kalimarau juga sudah didarati oleh pesawat-pesawat besar, seperti Batavia dan Sriwijaya. Meski belum ada conecting flight menuju kota-kota besar seperti Surabaya dan Jakarta, namun kehadiran pesawat tersebut sangat memudahkan transportasi warga Berau, seperti saya. Harganya untuk flight ke Balikpapan termurah Rp.470 ribuan, kalau lagi apes bisa dapat Rp.800 ribuan. Kalau mau ke Samarinda, bisa terbang langsung menggunakan Kalstar atau Trigana yg menggunakan armada ATR-42. Harganya paling murah Rp.650 ribu.

Setidaknya, kehadiran bandara yg sangat modern dan megah ini bakal menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor. Sebuah daerah yg memiliki bandara bagus pasti akan didatangi investor, entah itu untuk industri maupun properti. Saya berharap hotel-hotel akan semakin banyak dibangun di Berau, begitupula sektor lain yg menunjang seperti restaurant waralaba atau toko pakaian. Syukur kalau jaringan cinema mau masuk ke Berau, atau ada investor yg berniat bangun mall di Berau. Jadi saya tidak merasa bete lagi disini, hehe....

Bandara Kalimarau, memang sangat memikat siapa saja yg melihat. Pasti bagi pendatang baru tidak akan menyangka di Berau ada bandara semegah itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar